Satu Tahun Berdirinya Akun Sosial Media Pangkal Duri

Pangkalduri.com | “Terimakasih buat semua yang mendukung pergerakan ini dan yang terlibat dalam akun sosial media Pangkal Duri [@pangkalduri] dalam setahun terakhir. Semoga selalu bisa memberikan manfaat bagi kita semua dan Pangkal Duri.

Sebelumnya, mari melihat kebelakang tentang sosial media.

Sejarah Sosila Media

Sosial Media diawali pada era 70-an, yaitu ditemukannya sistem papan buletin yang memungkinkan untuk dapat berhubungan dengan orang lain menggunakan surat elektronik.

Ataupun mengunggah dan mengunduh perangkat lunak, semua ini dilakukan masih dengan menggunakan saluran telepon yang terhubung dengaan modem.

Dari awal terciptanya Sosial Media hingga kini banyak sekali berbagai jenis sosial media, dan diantaranya yang populer :

• 1995 Lahirnya GeoCities (Perusahaan Web Hosting)
• 1995 Lahirnya GeoCities (Perusahaan Web Hosting)
• 1997 Lahirnya Sixdegree.com
• 1999 Blogger
• 2002 Lahirnya Friendster
• 2003 Lahirnya LinkedIn (bukan hanya sosial media namun juga sebuah media untuk mencari pekerjaan)
• 2003 Lahirnya MySpace
• 2004 Lahirnya Facebook (sosial media semua kalangan dan semua jenis jaringan)
• 2006 Twitter (sosial media 140 karakter)
• 2010 Lahirnya Instagram (sosial media paling hits sejagat mulai beberapa tahun 3 yang lalu)
• 2011 Lahirnya Google+

Selain sosial media yang disebutkan diatas tentunya sangat banyak lagi jenis sosial media yang lain.

Untuk sosial media Pangkal Duri sendiri [@pangkalduri] yang di kelola oleh tim IPPD Media Partner baru terbentuk pada tahun lalu lebih tepatnya pada tanggal 1 April 2016.

Setahun berjalan banyak cerita yang tersajikan mulai dari informasi, gambar, dan juga video.

Statistik sosial media Pangkal Duri

Hingga kini jumlah follower sosial media Pangkal Duri terus bertambah mulai dari Instagram, Facebook, dan Twitter.

Tercatat dari ke tiga sosial media tersebut sudah mendapat lebih dari 500 follower (hingga 1 April 2017) dengan rincian 200+ utnuk Instagram 300+ untuk Facebook 10+ untuk Twitter (nonaktif).

Dari 500 lebih follower @pangkalduri mendapat 2.000 lebih tanggapan masing masing 1500+ untuk Instagram dan 500+ untuk Facebook dan 0 untuk Twitter (nonaktif).

Dari keseluruhan postingan akun sosial media Pangkal Duri dalam setahun terakhir mendapat 20.000 lebih jangkauan. Hingga saat ini jumlah semua itu terus bertambah.

Rata rata jangkauan setiap post di Facebook adalah 300 jangkauan. Untuk Instagram sedikit di bawah Facebook hanya mendapat kan rata rata jangkauan sekita 90-100 jangkauan tiap postingannya.

Dan untuk Twitter sangat jauh dibawa Facebook dan Instagram karena tidak berjalan, dikarenakan kekurangan Admin untuk sosial media Twitter.

Manfaat sosial media Pangkal Duri

Terlepas dari Pro dan Kontra terhadap hadirnya akun @pangkalduri tentunya sangat memberikan manfaat terhadap Pangkal Duri sendiri.

  • Menjadi “Terkenal”
    Apakah benar ? setidaknya dengan tuntutan perkembangan zaman dimana dunia maya begitu berkuasa saat ini, dengan hadirnya akun @pangkalduri dan situs web ini pangkalduri sudah melangkahkan 1 kaki dalam menuju kemajuan dunia ini. Jadi bukan ingin terkenal tapi lebih ingin memperkenalkan Pangkal Duri kepada dunia yang luas ini.

  • Jangkauan
    Jangkauan internet sangat luas, siapapun bisa melihat keadaan dimanapun. Dengan hadirnya media-media ini siapapun bisa tau Pangkal Duri itu apa dan dimana. Terkhusus buat para jiwa jiwa perantau (pelajar ataupun pekerja) dari tanah Pangkal Duri setidaknya rasa kangen akan kampung halaman bisa sedikit terobati dengan melihat Info yang ada di Facebook dan Instagram  sosial media Pangkal Duri ini.

  • Bersosialisasi
    9 dari 10 orang menggunakan sosial media dalam berinteraksi dekat maupun jauh. Survey membuktikan walaupun di Pangkal Duri belum ada sinyal yang bagus namun hampir seluruh kaum muda di Pangkal Duri adalah pengguna Sosial Media. Mulai yang menggunakan Antena hingga di Pinggir jalan.

  • Informasi
    Walau tidak update dan masih banyak kekurangan. Setidaknya sudah banyak yang mendapatkan informasi dari sini walau hanya sebatas gambar. Dan itu sudah bisa jadi pengobat rasa rindo terhadap Pangkal Duri (bagi masyarakt yang diluar daerah).

Kekurangan sosial media Pangkal Duri

Dari manfaat (kelebihan) yang disebutkan diatas tentu juga masih banyak manfaat-manfaat baik lainnya. Namun juga tetap ada kekurangan diantaranya:

  • Kontributor
    Kurangnya kontributor untuk media-media dibawah naungan “IPPD Media Partner” ini yang bisa mengakibatkan sedikit lambat dalam memberikan Info, dll.

  • Sinyal
    Sinyal sangat mempengaruhi, dikarenakan belum adanya fasilitas jaringan yang memadai.

Selain 2 masalah utama diatas yang sedikit menghambat perkembangan kami ini adalah ketepatan informasi yang didapatkan.

Tim IPPD sendiri tidak akan sembarangan dalam memuat Postingan baik informasi tertulis, gambar, ataupun video yang sekiranya tidak dapat di pertanggung jawabkan.

Dan apabila siapapun yang mendapatkan kesalahan informasi, gambar, video didalam media-media IPPD Media Partner mohon untuk membantu memperbaiki kesalahan-kesalahan tersebut.

Silahkan menghubungi melalui DM yang tertera disetiap sosial media Pangkal Duri tersebut. Jika pada website ini silahkan menuju halaman kontak.

Itu semua selain untuk Kritik, Saran, dan Protes juga berfungsi untuk anda memberikan kontribusi.

Harapan kedepannya semoga media-media ini tetap bisa bertahan dan selalu memberikan manfaat bagi penggunanya, dan tentunya lebih baik dari sebelumnya.

Kesimpulan

Walau sosial media banyak memberikan manfaat baik, tapi tetap ada juga dampak buruk bagi penggunanya. Dalam menggunakan sosial media kita harus pintar-pintar agar apa yang kita dapatkan di sosial media tersebut selalu bernilai baik.

Sama seperti apa yang di katakan oleh Nicolas Boileau “Sebelum menulis, belajarlah berpikir dulu”

Suka dengan #pangkalduri ? follow kami di Facebook dan Instagram

Tulis Komentar

Artikel Lainnya

Bagikan di sosial media